Bukitapit Bumi Persada Mulai Tahap Awal Penerapan ISO 9001:2008

Sintegral consultant tengah membimbing PT Bukitapit Bumi Persada (BBP) menerapkan sistem manajemen mutu (SMM) ISO9001:2008.

PT BBP sebuah perusahaan kontraktor oil and gas yang bergerak dibidang well service dan berkantor pusat di Bekasi.

Ruang lingkup penerapan sistem ISO 9000 di PT BBP meliputi bidang usaha well service, khususnya proses cementing, Stimulation dan fracturing.

Sebagai langkah awal. direktur PT BPP telah menunjuk seorang Management Representative, yang juga menjabat sebagai manager HSE, dan sekaligus membentuk tim ISO yang mewakili semua unit kerja PT BBP.

Tim ISO yang dibentuk terdiri dari Management Representative (MR) sebagai ketua tim dan wakil-wakil unit kerja atau divisi.  Tim ISO terdiri dari  perwakilan dari divisi-divisi sebagai berikut: HRD, Engineering, Finance dan Accounting, Logistik, HSE, Purchasing, Marketing (proses tender).

Penerapan ISO 9000 di lingkungan PT BBP terdiri dari beberapa tahapan. Tahap awal yaitu kegiatan training awareness ISO9001-2008.

Training berlangsung selama dua hari yaitu pada 23-24 Oktober 2013 yang lalu dan berlangsung interaktif.

Training ini bertujuan  memberikan pemahaman kepada karyawan PT Bukitapit Bumi Persada tentang maksud dan tujuan standar serta ketentuan dan persyaratan standar ISO 9001-2008 secara mendasar.

Selama dua hari para peserta training diberikan pembekalan dan pemahaman sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Disamping itu diterangkan juga pengertian quality manual, SOP (prosedur) dan instruksi kerja.

Quality manual, SOP dan instruksi kerja merupakan dokumen-dokumen yang harus dimiliki perusahaan jika ingin memiliki sertifikat ISO9000.

Dalam kesempatan training itu trainer memberikan contoh bentuk quality manual, contoh-contoh SOP, termasuk beberapa contoh instruksi kerja dalam bentuk soft copy.

Setelah tahap training ini selesai masih terdapat beberap tahapan lagi yang harus dilalui. Meski demikian, PT BBP optimis meraih sertifikat ISO 9001:2008 pada akhir tahun 2013.

Post Tagged with ,